P-SQUAD – Eyo!

Album P-SQUAD menawarkan sebuah konsep musik Hiphop yang sedikit lebih berbeda dengan album-album hiphop yang pernah dikeluarkan di Indonesia. Dimana pada album ini irama hiphop-nya terasa sangat baru dan menarik di kuping pendengar musik di Indonesia  karena sangat mengikuti perkembangan musik hiphop di negara-negara lain yang telah mendahului Indonesia seperti di Amerika, Prancis, Jepang, Singapore, Thailand, Philipina, Malaysia dan negara lainnya. Tujuan dari hal tersebut adalah agar musik dari album P-SQUAD dapat bersaing dengan para pendahulunya terutama di negara Asia, dan pada akhirnya dapat diterima oleh para pendengar musik hiphop di mancanegara (go international). Namun lirik lagu dan iramanya tetap dipertahankan agar dapat diterima oleh para pendengar musik di Indonesia. Ditambah dengan ciri khas grup P-SQUAD yang sangat santai dan penuh tawa dalam kesehariannya, sangat mempengaruhi lirik pada 8 lagu yang terdapat pada album ini. Penggunaan kata-kata yang mudah dicerna oleh para pendengar dan cerita-cerita keseharian anggotanya dan tetap menyampaikan pesan-pesan yang baik didalamnya menjadi suatu nilai tambah didalam tiap lagu pada album P-SQUAD ini.

Keseharian yang memang menjadi ciri utama dalam tema setiap lagu. Terkadang terdengar lucu, konyol bahkan serius dalam menyampaikan pesan-pesannya. Tema-tema yang diangkat dalam album ini tidak jauh dari pengalaman-2 pribadi setiap anggota P-SQUAD yaitu Adoy, Erik, Ferri dan John. Semuanya dikemas menjadi suatu lagu yang sangat menarik untuk didengar dan mudah dimengerti karena banyak menggunakan bahasa keseharian yang sering digunakan oleh anak remaja pada saat ini, tapi tetap menunjukkan kedewasaan dengan menghantarkan cerita-cerita yang penuh dengan pesan positif didalamnya. Grup P-SQUAD telah banyak melakukan usaha untuk mempromosikan nama grup ini agar nama ini terasa lebih dekat di pendengar musik nantinya, sebut saja kota Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Sukabumi adalah tempat diluar Jakarta dimana grup ini telah diperkenalkan dan telah mempunyai banyak peminat. Begitu pula di Jakarta grup P-SQUAD banyak sekali melakukan pertunjukan (manggung) antara lain tempat-tempat seperti Kampus Atmajaya, Kampus Trisakti, Kampus Universitas Indonesia, Kafe Parkit, Fashion Cafe, Kafe Lamborghini, Bengkel, Ancol, Taman Ria Senayan, GOR Bulungan, Plaza Senayan, Mal Pluit dan banyak lagi. Promosi Radio juga telah banyak dilakukan seperti Radio Prambors, Radio SK dan radio-radio lain di luar Jakarta. Dari pihak media cetak juga telah banyak memuat cerita tentang grup ini sebut saja majalah Hai, Aneka, Kawanku, Gadis, Tabloid Mumu, Etalase, dan lain-lain. LIQUID MAGAZINE SINGAPORE merupakan media cetak luar negri yang telah memuat wawancara dengan grup ini .

Grup P-SQUAD juga telah melakukan dua kali pertunjukan bersama orkestra T&T Production (arranger:Tia Subyakto) yang disiarkan pada 5 TV swasta di Indonesia yaitu pada acara peringatan Isra Mi’raj dan acara Millenium Mania yang  disiarkan pada tanggal 26 september 1999  ini  sebagai  acara  menyambut  100 hari   sebelum   tahun    baru. Dan  baru-baru ini P-SQUAD menjadi pengisi suara dan model pada iklan EXTRA JOSS yang ditayangkan di layar televisi . Juga telah beberapa kali pihak produsen pakaian olahraga REEBOK menjadi sponsor kostum didalam setiap penampilan panggung grup P-SQUAD.

Awal Ceritanya

Pesta Rap volume 1, 2 dan 3 merupakan awal karier dari dua grup Blackkumuh dan Sweetmartabak. Dengan meluncurkan sebuah single (Pesta Rap 1) yang berjudul “Kaum Kumuh” oleh grup Blackkumuh, yang beranggotakan Erik dan Adoy, berhasil merubah nuansa musik rap di Indonesia dengan menghadirkan gaya nge-rap yang lebih pelan dan lebih banyak bercerita tentang kepedulian sosial terhadap masyarakat yang kekurangan. Single tersebut membuat penggemar Blackkumuh menjadi semakin banyak, yang sebelumnya grup ini telah mempunyai banyak penggemar dari penampilan-penampilan mereka di panggung-panggung festival rap era tahun 1993 – 1995. Sebut saja juara talent show (tenda mangkal) yang diadakan oleh radio Prambors jakarta, juara talent show (ABG) yang diadakan radio TMI dan TPI, juara rap (IT) yang diadakan Majalah Kawanku, dan masih banyak sekali prestasi yang mereka peroleh. Hingga membuat penggemar menantikan penampilan live mereka sebut saja kota Jakarta, Malang, Kediri, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Ujung Pandang dan lain-lain.

Metropolitan merupakan single pertama grup Sweetmartabak pada album Pesta Rap 2. Grup ini yang beranggotakan John dan Ferri merupakan pendatang baru pada saat itu di Jakarta. Sebelum itu mereka telah banyak melakukan aktifitas rap di daerah Riau(Sumatera) dan meraih juara pada talent show yang diadakan oleh PT Caltex Pasific Indonesia. Lirik lagu metropolitan ini pun menceritakan suka duka mereka datang ke kota Jakarta. Mereka menawarkan lagu rap yang lebih melodius dengan gaya rap yang sedikit bernyanyi oleh salah satu anggotanya, John.

Single kedua Blackkumuh adalah SOS pada Pesta Rap 3 yang banyak menarik minat dari penggemar rap di Indonesia dengan cara nge-rap mereka yang sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya. Begitu pula disusul oleh kesuksesan lagu Tididit yang diciptakan oleh Sweetmartabak, Yudis dan Erik, berhasil mengangkat nama Pesta Rap hingga ke manca negara. Sebut saja dengan lagu ini Sweetmartabak memenangkan 2 penghargaan pada ajang MTV Video Most Wanted Award yaitu Most wanted Costume dan most Wanted Makeup Artist, dan video klip mereka pun terpilih menjadi the MTV Most Wanted Asian Videos dengan bersaing dengan lagu-lagu dari mancanegara. Kemudian pada pemilihan Anugerah Musik Indonesia mereka memperoleh 2 penghargaan pula yaitu penghargaan Grup terbaik dan Lagu terbaik tahun 1998. Kemudian duo grup Blackkumuh dan Sweetmartabak bergabung dengan mempunyai satu visi yaitu memajukan dunia musik rap di Indonesia. Grup Blackumuh sebelumnya pun telah ikut selama 2 tahun menjadi backing vocal rapper indonesia Iwa K. Grup Blackkumuh dan Sweetmartabak juga telah banyak membantu dalam pembuatan album-album(penulisan lirik dan pengisi vocal) artis Indonesia seperti Iwa K, Lingua, Sania, dan banyak lagi. Suara salah satu anggota Blackkumuh yaitu Erik juga hingga saat ini masih dapat didengar setiap minggu pagi pada sinetron Wiro Sableng yang diputar di RCTI. Hasil kerja mereka yang lain adalah soundtrack kartun Spiderman, iklan Tara MegaStore, Bank Niaga (we are the champion), Phillips Sound Vision dan lain-lain.

Dengan bantuan dari pihak Guest Music Production, yang telah membuat album Iwa K, Pesta Rap, Zen, Sania, dan lain-lain, maka grup Blackkumuh Sweetmartabak dibuatkan album rekaman dengan nama baru yaitu P-SQUAD (dapat diartikan Peace Squad = Pasukan Perdamaian).

Album P-SQUAD ini telah mulai rekaman sejak bulan Januari 1999. Konsep album yang ditawarkan kepada pendengar adalah gaya keseharian mereka yang selalu penuh tawa (konsep freestyle) namun tetap menyampaikan pesan-pesan yang positif dalam setiap lagu. Sesuai dengan gaya hidup masing-masing personil yang serius tapi santai, namun tetap peduli akan apa yang terjadi disekelilingnya, itulah yang menjadi sebagian tema dari beberapa lagu pada album P-SQUAD.